PGPR JAKABA

PEMBUATAN PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBAKTERIA(PGPR) JAKABA

 Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) merupakan kelompok bakteri menguntungkan yang secara aktif mengkolonisasi rhizosfer. PGPR berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman, Lingkungan rhizosfer yang dinamis dan kaya akan sumber energi dari senyawa organik yang dikeluarkan oleh akar tanaman (eksudat akar) merupakan habitat bagi berbagai jenis mikroba untuk berkembang dan sekaligus sebagai tempat pertemuan dan persaingan mikroba. Tiap tanaman mengeluarkan eksudat akar dengan komposisi yang berbeda-beda sehingga berperan juga sebagai penyeleksi mikroba; meningkatkan perkembangan mikroba tertentu dan menghambat perkembangan mikroba lainnya,  Akar bambu yang sudah lapuk diduga mengandung bakteri yang mampu menghasilkan enzim selulase (terutama lingo selulase) PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) sebagai alternatif teknologi ramah lingkungan di lapangan.

PGPR ini pertama kali diteliti oleh Kloepper dan Schroth tahun 1978. Mereka menemukan bahwa keberadaan bakteri yang hidup di sekitar akar ini mampu memacu pertumbuhan tanaman jika diaplikasikan pada bibit/benih. Tidak hanya itu, tanaman nantinya akan beradaptasi terhadap hama dan penyakit.

Bagaimana bakteri PGPR dapat memacu pertumbuhan? 

Bakteri PGPR mampu mengikat nitrogen bebas dari alam atau istilahnya fikasi nitrogen bebas. Nitrogen bebas diubah menjadi amonia kemudian disalurkan ke tanaman. Bakteri akar ini juga mampu menyediakan berbagai mineral yang dibutuhkan tanaman seperti besi, fosfor, atau belerang. PGPR juga memacu peningkatan hormon tanaman. Peningkatan hormon tanaman inilah yang secara langsung mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Cara pembuatan PGPR JAKABA


➠Bahan bahan

  ➟100gr touge (rendam 2 hari terlebih                          dahulu)

  ➟akar bambu 1kg(rendam 2 hari terlebih                   dahulu)

  ➟2kg dedak

  ➟1kg gula pasir

  ➟penyedap rasa(MSG) 1-2 bungkus

  ➟terasi 4-5 kemasan kecil

  ➟kapur sirih 2 sendok teh

  ➟air matang rebus 20-30 liter (untuk                          perendaman akar bambu)

➠cara membuat




     ➟masukan air secukupnya ke dalam                            wadah perebusan
     ➟larutkan gula, terasi,penyedap rasa,                         kapur sirih, dan dedak ke dalam                               air yang  sedang mendidih                                          kemudian aduk sampai                                              homogen, setelah bahan                                            sudah dirasa matang lalu hentikan                          proses perebusan tunggu bahannya                                   sampai dingin
   ➟lanjutkan dengan proses fermentasi,                      masukan smua bahan kedalam alat                        fermentasi, tunggu 21-30 hari dengan dosis          aplikasi semprot 10-15ml/ltr dosis kocor 20-        25ml/ltr air.



Demekian cara pembuatan PGPR JAKABA semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara fermentasi jerami kulit jagung